apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

Amal Yaumi, A way to become ‘Viral di Langit’ (Bonus Template Amal Yaumi)

2 min read

Duniaku Maya – Yak, kawan-kawan milenialku, siapa sih yang meragukan keproduktivan kalian? We are young! Penuh semangat belajar dan berkarya untuk negeri tercinta. Make or do something to be the next viral person in this beloved country.

Eits, milenial yang keren tuh nggak hanya viral di dunia, setuju kan? Yap! Kita juga wajib dan kudu viral di langit. Hah? Maksudnya buat konten viral di pesawat gitu?

No no no! Viral di antara malaikat yang selalu bertasbih kepada Allah SWT. Pingin nggak sih dikenal sama banyak malaikat? Kalau kita viral di langit, maka banyak malaikat yang akan mendoakan kita. What? Didoakan malaikat? Asyik dong. Istimewa sekali nggak sih?

Kenapa Harus Memperhatikan Amal Yaumi?

Coba perhatikan ayat, terjemahan, dan tafsir berikut ini (Saya mengutip di sini)

هُوَ الَّذِي يُصَلِّي عَلَيْكُمْ وَمَلَائِكَتُهُ لِيُخْرِجَكُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ ۚ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِينَ رَحِيمًا

“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikatNya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang) Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Al-Ahzab: 43)

Ibnu Katsir berkata: Adapun shalawat dari malaikat dalam ayat di atas, maknanya adalah doa dan istighfar bagi para manusia. (Tafsir Ibnu Katsir, 3/496)

Langsung menuju topik. Jadi, apa hubungannya sama amal yaumi? Gaes, kalau mau viral di sosmed, kalian harus sering bikin konten yang unik, keren, dan inspiratif kan? Istilahnya, kalian harus ‘mendekatkan diri’ pada netizen yang akan memberikan gelar viral kepada kalian. Nah, analoginya gitu. Kalau mau viral di langit, yaaa we must do something yang mendekatkan diri kita pada-Nya.

Amal yaumi adalah amal yang kita lakukan sehari-hari, secara kontinyu idealnya. Apa saja yang termasuk amal yaumi? Banyak, guys. Mulai dari ibadah wajib seperti sholat wajib tepat waktu dan ibadah sunnah misalnya sholat sunnah rawatib, sholat dhuha, sholat tahajud, puasa senin-kamis, puasa daud, tilawah Al Quran, Dzikir pagi dan petang, dan lain sebagainya.

Wah, seputar ibadah aja nih? Eits, ibadah tuh nggak hanya hablu minallah saja ya tapi hablu minannas juga. Misalnya shodaqoh harian, olahraga tiap hari, belajar atau berkarya positif, itu juga termasuk amal yaumi.

Amal-amalan ini yang dapat menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah dan dapat dikenal oleh ‘penduduk langit’. Amalan-amalan ini jika kita kerjakan dengan ikhlas, dengan niat semata-mata ingin mendekatkan diri kepada-Nya, insya Allah akan menjadi salah satu tiket kita menuju Jannah-Nya. Aamiin. Insya Allah, semoga Allah meridhoi.

Bagaimana Caranya?

Untuk mengevaluasi amal yaumi, alangkah baiknya kita mendokumentasikan setiap apa yang telah kita kerjakan setiap hari. Tiap orang punya style nya masing-masing dalam hal ini.

Ada yang lebih suka menuliskan amal yaumi di buku agendanya, membuat list amal yaumi untuk satu bulan kemudian ditempel di dinding kamar sebagai pengingat (ini style saya hehe), menulis amal yaumi di smartphone nya atau ada yang memanfaatkan aplikasi amal yaumi yang sudah banyak sekali tersedia di play store.

Tujuannya sama, untuk memudahkan evaluasi dari apa yang telah dikerjakan.

Silahkan memilih style yang menurut kawan-kawan paling mudah untuk dilakukan. Kalau saya, memilih mencetak list amal yaumi untuk sebulan dan menempelkannya di mading kamar kos, tujuannya agar sebagai pengingat bahwa saya belum melakukan amal apa pada hari tersebut.

Berikut ini saya lampirkan beberapa tautan untuk mendownload aplikasi amal yaumi di play store :

  1. Ibadah Evaluation – Amal Yaumi
  2. Amalan Harian Muslim
  3. Asisten Amalku

Nah, bagi yang tidak ingin selalu tergantung dengan smartphone bisa mendownload template amal yaumi ini untuk dicetak :)) Silahkan download di bawah ini :

Semoga sharing kali ini bermanfaat.. semoga ikhtiar kita untuk viral di langit ini menjadikan kita pribadi yang taat, rendah hati, dan selalu mengingat Allah dalam setiap tindakan kita.

Tidak ada kata terlambat untuk terus memperbaiki diri. Tetap semangat, Laa Tahzan dan ingat bahwa Alaa inna nashrallahi qarib 🙂

Surabaya, 5 Januari 2019

apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.