apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Etos Surabaya

1 min read

Duniaku Maya – Ada yang berbeda pada hari Jumat (18/12) . Seluruh Etoser (sebutan untuk penerima Beastudi Etos) Surabaya berkumpul di masjid Ar-Rahmah Perak Surabaya. Kegiatan ini merupakan rapat kerja daerah (rakerda) Etos Surabaya.

Rakerda adalah agenda wajib tahunan, bertujuan untuk menyatukan visi program kerja Etos Surabaya selama setahun kedepan dan mempererat persaudaraan antar Etoser.

Pembukaan

Agenda hari Jumat malam adalah pembacaan rundown kegiatan oleh panitia, yakni Etoser angkatan 2013 (DNA) dan murajaah hafalan surat Al-Muzammil.

Disusul agenda pada hari Sabtu (19/12), diawali dengan sholat Tahajud berjamaah, sholat Shubuh, kajian pagi oleh mas Ilham (supervisor Etos Surabaya) tentang ruhul istijabah (bersegera dalam seruan), dan murajaah hafalan surat Al-Muzammil.

Pemaparan Rencana Kerja

Inti kegiatan dimulai Sekitar pukul 07.00 WIB, yakni pemaparan program kerja Desa Produktif (Despro) oleh Abdolatul Abdillah (angkatan 2014) selaku ketua Despro 2016 beserta jajaran ketua divisi, yaitu divisi ekonomi (Badrut Tamam), divisi pendidikan (M. Athoillah Sholahuddin), dan divisi sosial (M. Sunardi).

Desa produktif adalah salah satu program kerja Etos Surabaya yaitu pengembangan desa tertentu yang berfokus pada tiga bidang pemajuan kualitas sasaran wilayah, yakni bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Ketua divisi pendidikan, M. Athoillah S. (angkatan 2014), memaparkan beberapa program kerja, yakni pengadaan infrastruktur dan perbaikan kurikulum untuk PAUD Bintang Harapan, Gerakan Etos Mengajar, serta Seminar Parenting untuk para orangtua murid PAUD Bintang Harapan dan di sekitar desa Nambangan, Kenjeran, Surabaya.

Divisi sosial dipaparkan oleh M. Sunardi (angkatan 2014). Diantara proker divisi sosial adalah kegiatan senam sehat untuk ibu-ibu, pengadaan bank sampah dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat despro, penyuluhan hidup sehat untuk murid MI Ribath Darut Tauhid, Festival Anak Sholeh (FAS) saat Ramadhan, dan Pawai Obor saat Idul Adha.

Terakhir, proker divisi ekonomi yang dipaparkan oleh Badrut Tamam (angkatan 2014) adalah membentuk komunitas usaha, pelatihan kepada ibu-ibu UKM, dan marketing online. Tahun ini, program despro berfokus pada pengembangan ekonomi.

Setelah materi nilai-nilai ke-etos-an dan pemaparan proker ‘Koperasi ESA Berdaya’ oleh Pak Budi (Korwil Etos Surabaya), rapat kerja dilanjutkan pemaparan proker Media Informasi (Medfo) oleh M. Fauzan Mahmud selaku ketua Medfo 2016, dengan misi sebagai media branding, peningkatan minat dan pembelajaran jurnalistik bagi Etoser Surabaya (ESA).

Media yang akan dikembangkan yakni website, media sosial (facebook, twitter, instagram, dan line), pembuatan majalah, update berita, dan pelatihan jurnalistik untuk all ESA

Selain Despro dan Medfo, Etos Surabaya akan mengadakan sebuah seminar bertema sociopreneur yang akan berlangsung akhir tahun 2016.

Penutupan

Tak hanya berkumpul untuk membahas program kerja setahun ke depan, rakerda juga bertujuan untuk merekatkan persaudaraan antar Etoser, yakni melalui out bond sederhana dan penampilan pensi oleh masing-masing angkatan pada Minggu (20/12).

Ba’da Dhuhur, acara dilanjutkan dengan pengumuman peserta rakerda terbaik, yakni Khusnul Khotimah (2014) dan Dimas Agil (2015), serta pengumuman Etoser berprestasi dari angkatan 2012 hingga 2014. Rakerda Etos Surabaya  diakhiri dengan tukar kado antar Etoser dan pembacaan doa.

apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.