apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

Review Yummy App : Aplikasi Gratis, Banyak Resep Unik, dan Bisa Dapat Duit

4 min read

Duniaku MayaAnyone can cook, but only the fearless can be great (siapa pun bisa memasak, tapi hanya yang tak kenal takut yang bisa menjadi hebat).

Sebuah kutipan dari film animasi terkenal, ‘Ratatouille’, pasti cukup memotivasi semangat kawula milenial dalam belajar memasak. Akan tetapi, biasanya bingung bagaimana cara memulainya. Ada yang belajar dari video, ada yang membaca resep manual, bertanya pada orangtua, dan sebagainya.

Yummy App adalah salah satu aplikasi resep masakan yang dapat diunduh di Play Store secara gratis dan tidak banyak menghabiskan memori gawai kita (hanya 15 Mb). Aplikasi ini memiliki banyak fitur unik yang tentunya bermanfaat. Selain itu, pengguna bisa mendapatkan reward berupa Yummy Point yang bisa ditukarkan dengan uang! Bagaimana caranya? Simak selengkapnya!

Pembuatan Akun Tanpa Ruwet

Pembuatan Akun Yummy App
Source : dokumen penulis

Seperti aplikasi pada umumnya, pengguna harus mendaftarkan akun di Yummy App terlebih dahulu. Pendaftaran bisa menggunakan akun Facebook maupun akun Google. Masukkan nomer telepon yang aktif karena akan ada proses verifikasi. Jika pendaftaran berhasil, pada menu ‘Akun’, akan tampak seperti gambar.

Menu Home: Cari Apapun Ada!

Menu Home (1) Yummy App
Source : dokumen penulis

Sebagai pengguna pertama kali, saya tidak merasa kesulitan dengan antarmuka aplikasi ini. Pada menu ‘Home’, tampak beberapa fitur yang akan memudahkan dalam penggunaan.

  • Foto dan nama pengguna. Wah! kapan lagi bisa dipanggil ‘Chef’? Siapa tahu dari yang chef abal-abal bisa jadi chef beneran? Aamiin…
  • Ikon matahari jika siang hari dan ikon bulan sabit jika malam hari.
  • Total Yummy Point yang telah dikumpulkan. Wah, saya masih mendapat 0 poin! Semangat!
  • Cari resep dan Chef Yummy, cukup ketikkan resep yang dicari atau ketikkan nama chef jika ingin mengetahui resep-resep dari chef handal. Psssttt… menu mpasi juga ada loh!
  • Kanal Trending. Yuk, cari tahu menu yang sedang hit dikalangan pengguna Yummy App! Buktikan jika kita juga bisa memasak ulang menu tersebut!
  • Event & Promosi. Akan ada tantangan-tantangan menarik dari Yummy App yang bisa diikuti oleh pengguna untuk mendapatkan hadiah berupa Yummy Point jika menang (seperti yang terlihat pada gambar sebelah kanan).
Menu Home (2) Yummy App
Source : dokumen penulis

Gulir layar smartphone ke bawah, masih banyak lagi fitur-fitur menarik pada menu Home.

  • Akun official, temukan resep-resep unik dari chef-chef ternama! Kapan lagi bisa recook (memasak ulang) resep andalan dari Chef Arnold dkk?
  • Kategori, fitur ini dapat memudahkan dalam mencari resep. Ada beberapa kategori yang bisa dipilih, antara lain Yummy Tips, Yummy Resep Dasar, Makanan Pembuka, Makanan Utama, Makanan Penutup, Cemilan, Makanan Pendamping, Minuman, Inspirasi Menu Ramadhan, Penjaga Imunitas, Resep Terbaru, dan sebagainya.
Menu Home Yummy App, Filter Resep
Source : dokumen penulis

Masih membahas fitur Kategori, terdapat ‘Filter Resep’ pada masing-masing kategori tersebut. Filter ini dapat memudahkan pengguna untuk mencari resep masakan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari rentang harga, durasi memasak, hingga menyesuaikan porsi. Wah, memudahkan sekali, terutama untuk anak kos, ya? Bisa makan enak dengan bujet minimal. Hehe…

Yuk, Cobain Resepnya!

Masih pada menu Home, setelah menemukan resep yang dicari, saatnya mencoba pengalaman memasak menggunakan aplikasi Yummy App ini. Bagaimana penampakan resepnya?

Menu Home Yummy App, Tampilan Resep (1)
Source : dokumen penulis
  • Tutorial dalam bentuk video, memudahkan bagi yang kurang bisa memahami step-step memasak jika hanya dalam bentuk tulisan.
  • Judul resep.
  • Rating resep. Merupakan total penilaian yang telah diberikan oleh pengguna terhadap resep tersebut.
  • Informasi resep. Berisi informasi terkait durasi pembuatan, jumlah porsi yang dihasilkan dari resep tersebut, total biaya yang harus dikeluarkan untuk memasak resep tersebut, informasi kehalalan (dengan atau tanpa babi dan alkohol).
  • Bahan dasar. Merupakan daftar bahan beserta jumlahnya yang akan digunakan.

Gulir layar smartphone ke bawah untuk membaca cara memasak resep.

Menu Home Yummy App, Tampilan Resep (2)
Source : dokumen penulis
  • Cara memasak resep, merupakan step demi step cara membuat resep tersebut, disertai gambar dan penjelasan lengkap dalam bentuk tulisan.
  • Resep terkait. Temukan resep lain yang tak kalah menarik dari resep sebelumnya. Jangan sampai malah bingung nih mau masak apa jadinya. Hehe…
  • Kolom komentar. Sampaikan pertanyaan tentang resep tersebut atau untuk mengapresiasi resep karya chef tersebut.

Menu Komunitas: Yuk Sharing Resep!

Menu Komunitas Yummy App
Source : dokumen penulis

Menu selanjutnya adalah menu komunitas. Pengguna bisa dengan mudah menemukan resep yang sedang trending maupun resep terbaru dari para chef di Yummy App. Tak perlu khawatir ketinggalan tren deh!

Nah, bagi pengguna yang punya segudang resep andalan dan ingin mendapat Yummy point, bisa langsung klik fitur ‘Buat Resep’! Yuk, intip apa saja yang harus dipersiapkan!

Menu Komunitas Yummy App, Fitur Buat Resep
Source : dokumen penulis

Tak perlu bingung, jika baru pertama kali menggunakan fitur ini, klik tautan Panduan Menulis Resep untuk meningkatkan kesempatan resep mendapat rating yang bagus. Berikut ini merupakan ringkasannya :

  • Judul resep. Tentunya gunakan judul yang unik dan menarik ya agar resepmu berbeda dari yang lain! Minimal dua kata dan maksimal hanya 35 karakter.
  • Deskripsi resep. Ceritakan kepada pengguna lain secara singkat kelebihan dari resep tersebut, misalnya ‘Cemilan enak dan mudah untuk menemani sore hari’. Maksimal 70 karakter.
  • Bahan-bahan. Cantumkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep tersebut. Tulis sedetail mungkin, misal 2 siung bawang merah, 1/4 kg gula pasir, dst. Terdapat fitur untuk mengurutkan bahan-bahan, misal dari bahan utama hingga bahan pelengkap.
  • Cara memasak. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas dalam menulis langkah-langkah memasak. Jangan lupa untuk memotret tiap step yang telah dilakukan agar resep tersebut semakin mudah untuk di recook. Minimal cantumkan 5 step memasak, ya!
  • Foto resep. Pastikan untuk memotret pula hasil akhir masaknmu dengan sudut pandang semenarik mungkin. Maksimal ukuran foto 1 Mb.

Menu Masak : Bisa Masak Enak Sesuai Bahan yang Ada!

Menu Masak Yummy App
Source : dokumen penulis

Terkadang, ekspektasi memang tidak sesuai dengan realita. Sudah mencari inspirasi resep di banyak kategori pada menu Home, namun resep masakan yang diinginkan tidak ada yang sesuai dengan bahan-bahan yang ada di kulkas.

Tak perlu risau akan hal tersebut. Menu ketiga yaitu menu ‘Masak’. Pada menu ini, pengguna dapat memasukkan bahan-bahan yang dipunya di rumah. Misal, hanya ada tauge dan tahu saja. Ketikkan bahan yang dipunya tersebut satu persatu, kemudian pilih ‘Terapkan’. Pada hasil pencarian akan muncul beberapa resep masakan dengan bahan dasar tauge dan tahu seperti kreasi tumis tauge tahu dari beberapa pengguna lain.

Menu Notifikasi: Update Resep Trendi!

Menu Notifikasi Yummy App
Source : dokumen penulis

Pada menu berlogo lonceng ini, pengguna akan mendapat pengingat dari Yummy App untuk mencoba resep rekomendasi mereka. Contohnya hari ini, saya mendapat rekomendasi resep Jamur Shitake Pedas, resep Okonomiyaki, dan resep Nasi Jagung. So yummy!

Menu Akun: Saatnya Cari Uang!

Menu Akun Yummy App
Source : dokumen penulis

Menu terakhir yaitu menu Akun. Di menu ini, pengguna bisa mengetahui jumlah resep yang sudah dipublikasi di Yummy App, jumlah pengikut, jumlah akun lain yang diikuti, jumlah Yummy point yang didapat, dan lainnya.

  • Yummy point. Poin-poin yang telah dikumpulkan dapat ditukar dengan saldo rekening Anda. Pastikan sudah menambahkan akun Bank dulu, ya! Minimal jumlah poin yang bisa ditukarkan/redeem adalah 2500 Yummy Point.
  • Kode referral. Bagikan kode ini kepada teman-teman di sosial media sebanyak mungkin untuk mendapatkan 70 Yummy point (setara dengan Rp 7.000) untuk tiap teman yang berhasil diajak mengunduh aplikasi ini dan daftar menggunakan kode referral Anda. Tiap teman yang daftar menggunakan kode referral Anda juga akan mendapatkan 30 Yummy point (setara dengan Rp 3000). Syarat dan ketentuan selanjutnya bisa dibaca lebih detail pada aplikasi Yummy App.
  • Resep Saya. Pada fitur ini, pengguna akan mengetahui status resep yang sudah diunggah di Yummy App. Ada tiga kategori status resep : resep disetujui (resep tersebut sudah disetujui Chef Yummy untuk tampil di aplikasi Yummy), resep ditinjau (resep masih dalam proses review oleh Chef Yummy), dan resep direvisi (resep yang diunggah telah ditinjau oleh Chef Yummy namun terdapat beberapa revisi sebelum disetujui).
  • Resep Favorit. Resep favorit Anda akan tersimpan dengan rapi dan bisa dibaca lagi sewaktu-waktu. Jika dirasa kurang sesuai, Anda bisa menghapus resep tersebut dari daftar resep favorit.

Nah, begitulah review tentang Yummy App ini. Sebagai pengguna pertama, saya cukup terbantu dengan beragam resep yang ada serta fitur-fitur yang cukup memudahkan pada aplikasi ini. Yes, semoga sebentar lagi saya jago masak! Hehehe…

apt. Maya Firdausi, S.Farm Lulusan Apoteker Universitas Airlangga periode 108 (2019). Pernah aktif di jurnalistik SMAN 1 Bangil dan Majalah Farmapos Farmasi UNAIR. Beberapa cerpen tergabung pada 11 antologi bersama penulis lain yang diterbitkan oleh penerbit indie. Telah menerbitkan sebuah kumpulan cerpen berjudul "Rescue Me" (2020). Penerima manfaat Beastudi Etos Dompet Dhuafa angkatan 2014 dan Beasiswa Cendekia BAZNAS tahun 2018.

4 Replies to “Review Yummy App : Aplikasi Gratis, Banyak Resep Unik,…”

    1. Setidaknya meningkatkan antusiasme untuk belajar memasak aja sudah syukur ๐Ÿ™‚

  1. Samaa.. ini app bantu banget buat emak kek saya yang suka bingung mau masak apa besok. Apalagi kalo kang sayur ga dateng. Cuma ada bahan seadanya di kulkas tinggal buka yummy app dah muncul resep sesuai bahan yg kita punya ๐Ÿ˜

    1. Bener! Anti pusing ya, Mom! Biar menunya bervariasi tiap hari, jadi nggak itu itu aja.
      Salam kenal ya ๐Ÿ™‚ Terima kasih sudah mampir…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.