Saya berkesempatan mengikuti kegiatan School of Mawapres (SOM) ini setelah menjadi salah satu kandidat terpilih berdasarkan CV yang saya apply.
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan gambaran kepada mahasiswa baru tentang apa itu Mawapres dan bagaimana cara mengikutinya.
Kegiatan ini terlaksana selama dua hari di Kampus C dan Kampus A dengan beberapa pemateri. Berikut ini rangkuman materi yang saya dapat selama mengikuti SOM UNAIR 2014.
Persyaratan Mengikuti Mawapres
Pemateri pertama adalah kak Lidya Victoria yang menjelaskan dengan gamblang mengenai persyaratan umum mengikuti Mawapres, yakni:
- Warga Negara Indonesia dengan usia kurang dari 23 tahun.
- IP minimal 3,00
- Terdaftar di PDPT
- Mendapat surat pengantar dari pemimpin perguruan tinggi.
- Pendaftar pada semester 3-8
Sedangkan persyaratan khusus untuk mengikuti Mawapres adalah:
- Rekapitulasi indeks prestasi per-semester
- Membuat Karya Tulis Ilmiah dalam bahasa Indonesia yang baku
- Membuat ringkasan (bukan abstrak) dalam bahasa asing
- Mengirimkan CV
Mekanisme penyeleksian mawapres terdiri dari:
- Seleksi Administrasi
- Seleksi Karya Tulis Ilmiah
- Seleksi ringkasan KTI dalam bahasa asing
- Seleksi data prestasi atau kemampuan yang diunggulkan
- Seleksi kemampuan bahasa Inggris (dalam bentuk Video)
Tips Pembuatan CV yang Menarik
Setelah penjelasan tentang Mawapres secara umum, pemateri kedua menjelaskan tentang bagaimana cara membuat CV yang baik. Mengapa pembuatan CV menjadi poin penting? Karena untuk menentukan kualitas dari peserta, yang pertama dilihat adalah CV peserta.
Berikut adalah cara membuat CV yang baik dan menarik:
- Biodata Diri
Nama, TTL, Agama, Alamat, Jumlah saudara, motivasi. - Riwayat Pendidikan
TK, SD, SMP, SMA, Universitas (tulis dari pendidikan terakhir) - Riwayat organisasi/kepanitiaan
Jabatan, tahun, kontribusi terbaik di organisasi. - Riwayat Prestasi
Tulis mulai dari tahun pertama sampai sekarang, tulis dari tingkat prestasi tinggi sampai terendah. - Seminar, workshop/konferensi.
- Riwayat karya tulis (maksudnya sertakan judul karya tulis yang pernah ditulis, pada tahun berapa dan tujuan penulisan karya tulis)
- Riwayat kerja
Agar CV tersebut semakin menarik, kita harus berperan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan kampus karena bagaimanapun softskill itu akan bernilai plus. Berikut ini adalah tips nya:
- Harus seimbang
-Usahakan ada prestasi dan organisasi
-Pilih organisasi yang bonafit
-Cari passion dan raih prestasi
-Ikuti seminar /workshop/konferensi yang berskala nasional/internasional. - Tulis Detail
-Jangan malu! Tulis semua riwayat pencapaian
-Urutkan tahun pencapaian
-Tulis secara lengkap: nama kegiatan, tahun pembuat kegiatan, dan skala kegiatan. - Menarik
-Mudah di-review
-Jangan terlalu kaku, buat semenarik mungkin!
Percaya Diri dengan Karya Tulis
Semakin siang, suasana semakin melelahkan. Nampaknya pemateri ketiga menangkap suasana ini. Bu Usma Nur Dian Rosyidah, S.S., M.A., memberikan materi tentang bagaimana cara membuat karya tulis yang baik. Karya Tulis Ilmiah adalah kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam.
SIFAT DAN ISI TULISAN
KREATIF DAN OBJEKTIF
-Berisi gagasan kreatif, solutif, dan merupakan hasil pemikiran terbuka dan komprehensif
-Tidak emosional dan tidak menonjolkan permasalahan subjektif
-Asli/tidak menjiplak
LOGIS DAN SISTEMATIS
-Sistematis dan runtut
-Membuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis sintesis, simpulan dan rekomendasi
-Isi tulisan berupa gagasan/hasil kajian pustaka
-Isi tidak harus sejalan dengan bidang ilmu
-Isi tulisan merupakan isu mutakhir
-Tulisan belum pernah diikutsertakan pada lomba KTI apapun kecuali pada rangkaian pemilihan mahasiswa berprestasi
-Dianjurkan didampingi oleh dosen
BAGIAN AWAL
1. Halaman judul
2. Lembar pengesahan
3. Kata Pengantar dari penulis
4. Daftar isi, daftar lain (tabel, gambar, lampiran)
5. Ringkasan (500-700 kata) ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris
BAGIAN INTI
1. Pendahuluan
-Latar belakang
-Rumusan masalah
-Uraian singkat (hampir sama dengan abstrak)
-Tujuan
-Manfaat
2. Telaah Pustaka
-Landasan teori
-konsep-konsep relevan
-uraian pendapat (tentang masalah yang dikaji)
-uraian mengenai pemecahan masalah)
3. Metode Penulisan
-Uraian/prosedur pengumpulan, pengolahan, analisis-sintesis serta pengembalian simpulan, saran, dan rekomendasi atas data dan info
4. Analisis dan Sintesis
Menghasilkan alternatif model penyelesaian masalah/solusi/gagasan yang kreatif
5. Simpulan dan rekomendasi
Alternatif pemikiran atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.
BAGIAN AKHIR
Memuat daftar Pustaka dan lampiran jika diperlukan.
*KTI mininal 20 halaman, maksimal 30 halaman.
Nah, bagi kalian mahasiswa baru yang ingin mengikuti ajang Mawapres ini, kalian bisa mulai menyiapkan segala sesuatunya sejak dini. Misalnya, merencang akan mengikuti organisasi apa saja kelak selama kuliah dan akan mencoba kompetisi apa saja. Bukan hanya untuk mempercantik CV, tapi lebih pada pengembangan diri. Selamat berjuang! (Duniaku Maya)
Hi, this is a comment.
To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
Commenter avatars come from Gravatar.